:

Saturday, October 27, 2012

CARA MEMBUAT MACAM DAN BENTUK GARIS DI AUTOCAD 2000 ~ 2013

Sebelumnya kita sudah belajar cara setting workspace untuk lembar kerja dalam menggambar di autocad. Nah, sekarang kita memasuki tahap berikutnya yaitu kita akan mencoba cara setting bentuk garis baik bentuk lurus atau bentuk lainnya, tahapan ini memang mutlak dan harus di siapkan terlebih dahulu karena akan dipakai untuk proses selanjutnya dalam  menggambar yang lebih komplek. Mungkin bagi orang awan yang baru mengenal autocad belum tahu trik merubah garis lurus menjadi garis putus-putus atau bentuk garis sumbu .

Dalam ilmu menggambar baik arsitektur ataupun mesin dipergunakan jenis garis yang berbeda-beda yang masing-masing mempunyai maksud dan tujuan penggunaannya sendiri. Jadi tidak dibenarkan jika kita asal -asalan membuat garis dalam  gambar kerja kita terutama untuk gambar standar ISO. Jenis garis itu sendiri dibedakan oleh gabungan bentuk dan tebal garis. Disini , sangat dianjurkan sekali bahwa antara bentuk  garis tebal dan tipisnya  harus dibedakan dengan perbandingan kurang lebih  1:0.5 . 

Macam bentuk garis dan kegunaanya dapat dilihat  dibawah ini.


No.1 --> Merupakan garis lurus tebal , digunakan  sebagai garis nyata gambar dan bisa juga digunakan sebagai garis tepi.

No.2 --> Merupakan garis lurus tipis , digunakan  sebagai garis imagener, garis ukur/dimensi , garis proyeksi/bantu, garis penunjuk, garis arsiran, garis sumbu pendek.

No.3 --> Merupakan garis  bebas bersambung , digunakan sebagai garis potongan sebagian atau menunjukan bagian yang dipotong.

No.4 --> Merupakan garis tipis bersambung dan zig-zag , kegunanaan sama dengan No.3

No.5 --> Merupakan garis putus-putus tebal , digunakan sebagain garis nyata tersembunyi , atau garis tepi tersembunyi.

No.6 --> Merupakan garis putus-putus tipis , kegunaan  sama dengan  No.5

No.7 --> Merupakan garis putus-putus dengan perubahan arah, digunakan sebagai garis potong.

No.8 --> Merupakan garis putus-putus ganda , digunakan sebagai garis system ,bagian yang berdampingan, batas-batas kedudukan benda yang bergerak.


Perlu diketahui bahwa dari pertama kita install autocad macam dan bentuk  garis yang dimunculkan di menu “Line type control”  masih sangat sedikit dan belum optimal jika  digunakan untuk gambar  yang menggunakan garis khusus . Tampilan default bentuk garis bias anda lihat dibawah ini.


Untuk menambah bentuk  garis dalam menu Line type control  langkahnya sebagai berikut :
-  Dari menu Line type control, anda scroll lalu pilihlah parameter “other”
 - Selanjutnya anda masuk ke kotak dialog Line Type manager
-  Pilih tombol  Load  ( No.1) lalu anda pilih dan klik garis putus-putus  (No.2) yang akan di masukan ke menu layer .



Nah, silahkan anda cek apakah garis yang anda pilih tadi sudah masuk ke menu layer. Cara diatas hanya berlaku untuk  satu kali pembentukan garis jadi untuk penambahan bentuk garis lainnya anda harus lakukan cara diatas .

Hasil dari cara diatas adalah sebagai berikut.


Untuk penggunaan garis dalam menu Line type control terkadang ketika sudah kita pilih dan di aplikasikan namun tidak ada efek dari bentuk garis yang diinginkan.

 Nah , cara mengaktifkanya cukup anda double klik  pada garis , circle atau rectang atau bentuk kurva lainnya , setela anda double klik  akan masuk kotak dialog propertis, lalu seting parameter linetype dengan scrolling ke bawah, pilihlah garis putus-putus, lalu setting pula  linetype scale  kemudian rubah paramater SCALENYA  menjadi 0,010 .  Hasilnya kurang lebih seperti dibawah ini.














5 comments:

Unknown said...

Terima kasih atas panduannya dan saya sangat terbantu sekali, semoga banyak orang pintar seperti anda mau berbagi ilmu.

Unknown said...

Cara menggunakan garis tebal bagaimana?''

Putri Karya Steel said...

cara mmbuat garis bebas gmn ya??

Anonymous said...

thx bgt infonya :)

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape