Dalam menggambar 3D autocad dikenal dua macam versi yaitu 3D Surface dan 3D solid. Secara default bentuk mesh modeling itu masih kasar. Oleh karena itu dalam autocad modeling disediakan perintah dasar untuk merubah/memodifikasi dari bentuk kasar menjadi lebih halus. Dan selanjutnya untuk ke tahap yang lebih detil suatu object 3Dimensi bisa dilakukan dengan cara move, cuting atau perintah lainya di bagian meshnya.
Ada perintah dasar yang akan memperhalus bentuk mesh/surface yang berhubungan dengan perintah modeling berikutnya.
1.Surfv dan Surfu merupakan perintah dasar yang berkaitan erat dengan mesh modeling 3D Loft modeling. Jadi sebelumnya anda membuat object dengan lotf sebaiknya anda setting surfu dan surfv terlebih dahulu.
2. Isolines biasa dipakai ketika akan membuat gambar 3D menggunakan perintah Extrude,atau revolve.
3.Surftab1 dan Surftab2 , berkaitan erat dengan perintah mesh modeling 3D yang menggunakan perintah Edgesurf, Tabsurf, Revsurf, dan Rulesurf.
Default mesh modeling dalam autocad minimal adalah 2 mesh . Semakin banyak jumlah mesh suatu object 3D model akan membuat bidang object 3D menjadi lebih halus dan lebih realistik. Sebelum membuat modelingnya kita aktifkan dulu setingan meshnya dengan perintah Surfu dan Surfv. Paramter surfu dan Surfu di Autocad jumlah maximal meshnya adalah 200. Perlu diingat pula bahwa semakin banyak jumlah mesh yang dibuat pada suatu obect maka akan membuat kapasitas file menjadi lebih besar . Tidak hanya itu , dalam pengoperasian objectnya pun akan berat ,misalnya object 3D akan di rotasi maka pergerakannya juga akan lambat dikarenakan oleh jumlah mesh tersebut.
Dari gambar diatas tampak jelas sekali bahwa perpedaan jumlah surfu
dan mempengaruhi kehalusan suatu obejdt
3D ( surface modeling). Contoh diatas menggunakan perintah Loft. Apakah itu
Loft..? silahkan simak dibawah ini.
MESH MODELING ( PERINTAH LOFT )
Sebelum masuk ke mesh modeling dengan perintah
Loft sebaiknya seting dulu surfv dan surfu.
-Setting
mesh nya dengan perintah Surfv
-caranya dari command line ketik Surfv , enter.
-Setting
mesh nya dengan perintah Surfu
-caranya dari command line ketik Surfv , enter.
-kemudian
masukan nilai meshnya 25 , enter.
Karena penyetingan perintah dasar sudah selesai , sekarang lanjutkan
perintah berikutnya.
-Misalkan
kita akan membuat mesh modeling berupa kain kordeng jendela
-Atur
lah cara pandan kita dengan viewport Top
View (No.1)
-Kemudian
buat garis pertama ( warna hijau
seperti contoh ) menggunakan perintah
spline
- Kemudian
buat garis kedua ( warna pink
seperti contoh ) menggunakan perintah
spline .
- Kemudian rubah lagi cara pandang kita
dengan viewport Front View ( pada gambar
No.2)
- Kemudian rotate viewport (No.3) sehingga arah ikon ucs berubah
sedemikian rupa.
-Kemudian
move/ geser spline ( warna pink) keatas
-Dari
command line ketik Loft, enter
-Klik kedua
obejct spline tersebut lalu enter , lalu enter sekai lagi.
-Ketika
muncul menu lotf
setting , pilihlah parameter “Normal to” dengan
parameter All cross section, lalu kli Ok.
-Hasilnya
kurang lebih seperti dibawah ini .
0 comments:
Post a Comment