:

Thursday, December 19, 2013

3d modeling Solid Edge 20 versi lain dari Solidworks.

Terasa asing mungkin kedengarannya buat anda. Bisa jadi  karena memang anda baru mau  mulai mendalami pemodelan 3D ( 3 Dimensi ). Atau bisa jadi Anda sudah fanatik dengan software 3D tertentu yang sudah anda kuasai, sehingga anda merasa tak perlu lagi memakai dan mengenal software solidedge V20. Akhir-akhir ini perkembangan software untuk saat ini memang begitu pesat, dan mungkin sekarang sudah ada ratusan software 3D bermunculan.


Solid edge ini mempunyai bentuk  featur menu toolbar yang mirip sekali dengan Solid Works. Mulai dari pengaturan Plane , Skecthing , Assembling, Drafting, modify feature dan lain sebagainya. Solid Edge ini tergolong masih baru sehingga dengan kemunculan software ini diharapkan akan menutupi kekurangan-kekurangan dari fitur yang ada pada software 3D lainnya. Beberapa perusahaan besar di dunia international sudah ada yang mewajibkan untuk memakai solidedge ini dikarenakan memang kelebihan dan kemudahannya tidak diragukan lagi. Bahkan dengan bantuan software ini menghemat cost production dikarenakan dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan pada  design yang dibuatnya.a
 Interface Solid Edge pertama kali adalah seperti gambar di bawah ini.



Solid edge ini mempunyai banyak kelebihannya dibandingkan kekurangannya. Biasanya istilah software yang masih cacat atau belum sempurna itu biasa disebut bug. Nah, tentunya dengan melihat banyak software lain yang cukup sempurna maka solid edge berusaha keras menciptakan software yang anti bug. Anda penasaran ..? Silahkan anda mencobanya.....siapa tahu ada kecocokan Dan bisa jadi mungkin inilah sofware 3D yang selama ini anda cari untuk men-design 3d modeling (car modeling, caracter modeling , design produk dan lain sebagainya).

Apa saja kelebihan dari Solid Edge V.20 ..?
1.Tidak memerlukan grafik card yang besar. Dibandingkan dengan software lain yang harus mempunyai minimal grafik card diatas 512 mb.
2. Feature  menu  toolbarnya yang  simple sehingga mudah dioperasikan.
3.Terdapat pesan “error” ketika kita memberikan perintah yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan prosedur. Dan jika ada kesalahan nantinya akan dipandu untuk membetulkan perintah yang sesuai.
4.Sangat Flexible untuk meng-import gambar dari software lain walaupun menggunakan  format file yang berbeda. Dukungan file bisa dilihat dibawah ini .
5.Hanya dengan satu fully dimensioned isometric drawing view  dapat  dibuat menjadi 4 view sekaligus yang dapat berisi informasi tentang produk.
6.Adanya feature engineering calculation tools sehingga memudahkan perhitungan-perhitungan serta estimasi dalam mendesign produk.
7. Dan masih ada ratusan kelebihan lainnya dari solidedge ini.

Oke...semoga bermanfaat , tutorial solid edge akan segera di bahas pada sesion selanjutnya.



0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape