:

Wednesday, September 4, 2013

TUTORIAL 3D MODELING GOOGLE SKETHC-UP - ( PART.01)

Jujur nih , pertama kali aku mengenal software design  3Dimensi  Google sketch-up oleh temenku, aku sempat kurang tertarik.

 Mengapa  demikian ..? 

Ceritanya begini .sekitar tahun 2003 , sebelumnya sudah mengenal  software yang namanya 3DSMax ( saat itu masih 3DSMax.4 ).  Ada pepatah “ Tak kenal maka tak sayang  “...hehehehhe.  Lewat beberapa tahun kemudian mulai lah aku kenal dengan google sketcup yang kebetulan saat itu temenku itu memang  suka jalan-jalan dan mampir ke toko software , nah usut punya cerita dia tidak  sengaja matanya  tertuju pada CD  Google Sketchup yang lagi nampang di rak bagian depan. Singkat cerita setelah dilihat cover dan isinya ,gak  pakai lama temenku mampir ke kasir dan langsung bawa bungkusan CD google Sketcup nya . Nah pas di tempat kerja ditawarin lah aku sama temenku.  Mungkin karena aku lagi  gak mood , aku cuekin aja . Ee... pas pulang kerja aku kok jadi mikir kenapa ga di coba dipelajari ya..?  oke..singkat cerita sejak itu aku mulai jatuh cinta sama google sketchup sampai sekarang.  Kenapa coba..? ternyata Google Sketchup itu mudah banget dipelajari  dan hasil  render sangat keren dan mendekati realistik. pokoknya buat yang hoby design perlu mencoba software ini. Tidak ada ruginya kalo mau mencoba kok.

Oiya ...memang sih software  ini cocok banget buat yang suka dan hobi sama desin interior/ekterior.  Jadi bagi yang ingin  mendesign 3D modeling Automotif atau 3D karakter modeling ( bentuk orang ) memakai software google sketcup saya rasa kurang pas dan pastinya akan menemui kesulitan. Bisa juga sih , hanya saja  mungkin perlu  pihak ketiga  sebagai plugin tambahan untuk di install .

Oke, dibawah ini ada beberapa hasil render memakai Google Sketc-up 
yang pernah dibuat menggunakan Vray dengan  settingan default - Global Switch On





Gambar dibawah hasil render menggunakan Vray Lighting Standar


Setelah mencoba render memakai software google sketchup, wah.... hasil memang oke  dan cukup memuaskan. Kalau dibandingkan dengan  render menggunakan 3dsmax hasilnya masih sepadan. Settingan render Vray di skethcup begitu mudah dan simple. Mungkin bagi yang sudah pernah mencoba render menggunakan 3Ds max akan merasakan banyak perbedaan jika di bandingkan dengan google sketcup ini. Silahkan di coba deh kalo belum percaya..? Oke..

Bisa dibilang untuk belajar design 3D Modeling  arsitektur  memakai  software Google Sketch-Up itu gak perlu sampai berbulan-bulan.  Waktu itu untuk bisa membuat bangunan sebuah rumah dan isinya seperti ranjang , lemari, kursi dan lainnya.. waktu itu  hanya perlu waktu  cukup 1 hari dan hasil sudah bisa di lihat. Pasti  Gak percaya ..? kok bisa sieh...masalahnya  untuk  acessories interior/ekterior dengan modelnya standar  bisa didownload dari google skectup itu sendiri.  Gampang kan..? 

Yah itu mungkin sebagian dari kemudahan yang disediakan  software ini. ..

.---> To be Continued ..

0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape