:

Sunday, December 15, 2013

Cara Offset Garis Atau Object lain ( GOOGLE SKETCHUP PART 8 )

Istilah offset  dalam google sketh-up sering dipakai untuk meng-copy kurva/ gambar dengan jarak tertentu. Perintah ini akan berpengaruh ke arah  masuk /kedalam dari garis yang di ofset. Banyak sekali kegunaan dari menu offset  diantaranya dapat dipakai untuk membuat bentuk bak mandi / kolam , silinder pipa, atau bentuk lainnya dimana setelah proses pembentukan dengan offset selesai ,kemudian dilanjutkan dengan perintah menu push/pull.

Oke, sample yang dipelajari dari gabungan beberupa perintah dalam sketch-up. Berikut ini adalah tutorial  google sketch-up cara membuat bak kolam / bak mandi.
-    Gunakan perintah rectangle untuk membuat kotak bentuk dasar dari bak mandi/kolam renang.
-    Kemudian berikan ketebalan pada kotak tersebut dengan klik menu push/pull.


-    Klik  kotak tersebut sampai muncul tanda titik-titik ,kemudian geser mouse ke atas/kebawah.
-    Kemudian klik menu offset , klik garis tepi kolam lalu geser mouse pelan-pelang .
-    Atur sedemikian rupa ketebalan yang diinginkan. Lalu klik sekali lagi.
-    Selanjutnya Klik menu Push/pull sekali lagi, klik di area tengah kolam.
-    Lalu klik dan geser mouse ke bawah sehingga akan tampak seperti gambar di bawah ini


-  Jangan lupa ketika  menghendaki jarak /parameter yang akurat/presisi , saat menggunakan push/pull maupun offset  , masukkan nilai parameternya  di kolom distance yang terletak dipojok bawah. Untuk satuan nya tergantung dari si designer. Jika ukuran awal memakai mm ( milimeter) maka pemberian nilai berikutnya adalah menggunakan satuan milimeter. Untuk lebih memudahkannya lebih baik gunakan satuan milimeter saja. Tetapi ini sifatnya hanya saran dan jika anda ingin memakai satuan centimeter atau meter juga tidak masalah.

-    Selesai..

Mungkin setelah mempraktekan cara diatas  rasanya belum lengkap jika design yang sudah terbentuk belum diberikan dengan sentuhan warna dan efek  dari pada materialnya. Material bisa diambil dari default yang disediakan oleh google sketchup, namun bisa juga menggunakan file image yang sudah kita siapkan. Untuk memberikan material pada sebuah design model 3 dimensi, caranya tidak begitu sulit. Silahkan buka bahasan cara memberikan warna material dan  efeknya materialnya.




0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape