:

Monday, December 9, 2013

TUTORIAL 3D MODELING GOOGLE SKETHC-UP - ( PART.03)

Sebelum memulai penggunaan  menu drawing dan modify , ada baiknya untuk memudahkan kita pertama kalinya aturlah view/pandangan layar  saat memulai gambar. Yaitu  dengan menggunakan menu view seperti dibawah ini, biasanya lebih mudah jika menggunakan menu view-iso. Tetapi tidak selamanya akan memakai menu View-iso (perspektif) , jadi tergantung kebutuhan cara pandang kita saja.


Untuk memulainya kita awali dengan menu toolbar yang paling mudah yaitu toolbar  drawing dan toolbar modification. Untuk tampilan dari menu toolbarnya adalah sebagai berikut :


Keterangan dari penomoran tersebut adalah :

1.    Rectangle     : digunakan untuk membuat object kotak , bisa berupa bujur sangkar maupun persegi panjang.  Cara mempraktekannya sangat mudah sebagai berikut :
-    Klik menu rectangle ,  cari lokasi sebagai titik awal mulainya gambar .
-    Geser kursor sedikit saja ( ke atas atau kebawah , atau kesamping )
-    Jangan di enter dahulu , kemudian perhatikan di pojok kiri/kanan bagian bawah ,
-    Masukkan nilai angka yang diinginkan , disini yang saya gunakan memakai ukuran mm ( milimeter). - misal : 5000;7000
-    Ingat tanda pemisah dari angka tersebut. Untuk mengetahui tanda pemisah yang dipakai , saat anda menggeser kursor maka tanda tersebut bisa langsung di lihat , biasanya yang  dipakai :  (titik dua ) atau ; ( titik koma ). Hal ini tergantung settingan template nya.
-    Setelah memasukan angka sebagai sumbu x dan sumbu y , lalu tekan enter.
-    Oiya,  biasanya hasil gambarnya terlalu kecil atau terlalu besar, jangan panik..., anda klik saja menu zoom extents . 

Menu zoom ini  berfungsi untuk menampilkan gambar pas sesuai di layar monitor. Untuk mengecilkan/memperbesar tampilan gambar bisa juga menggunakan mouse yang tengahnya ada roda scrollingnya.




Tampilannya bisa dilihat di bawah ini :


2.    Line     : perintah ini di gunakan untuk membuat garis lurus yang membentuk suatu object tertutup maupun object/kurva terbuka. Line bisa digunakan untuk membuat atap rumah, dinding kamar tidur,bak mandi , toliet ,atau  bentuk denah rumah /ruangan , dan sebagainya.

Caranya : 
-    Mulailah dengan tampilan view-top dahulu dikarenakan anda mungkin belum terbiasa menggunakan view-iso. Tapi jika  anda masih penasaran , silahkan menggambar bentuk kotak yang berbeda menggunakan perintah Line tetapi dengan kondisi view-iso. 
-    Klik menu Drawing –Line
-    Klik di layar dan geser membentuk bujur sangkar, untuk membuat garis supaya tegak lurus/sejajar dengan garis di samping atau diatasnya , maka tekan tombol shift sambil menggeser kursor, jika sudah muncul tanda “from point” atau garis putus-putus artinya garis yang dibuat sudah sejajar dengan garis lainnya.



0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape