:

Wednesday, December 4, 2013

Cara menggunakan perintah 3D Extrude , Subtract dan Union di autocad 2010 - (Sesion 2)

Setelah di buat gambar sketch 2D  ( sesion 1 ) cobalah tarik dimensi dari ujung garis menggunakan menu dimensi( jangan lupa aktifkan  object snap end-point). Perhatikan gambar dibawah ini :




-    Maksud dari pemberian dimensi disini adalah agar kita bisa memperkirakan nilai ketinggian dari extrude secara ideal. Hal ini karena sebelumnya kita menggunakan sketch gambar tidak scala.
-    Selanjutnya dari commnad : ketik Ext lalu enter.
-    Klik dan pilih object tersebut
-    Specify height of extrusion or [Direction/Path/Taper angle] :
-    Ketik parameter nilai tinggi nya : misal 40 lalu enter
-    Setelah di View-orbit untuk melihat bentuk 3D dengan sudut pandang yang berbeda.

Setelah mempraktekan perintah 3D solid menggunakan extrude, selanjutnya akan di coba mempraktekan membuat 3D solid dengan perintah Subtract maupun union. Sebetulnya di autocad ada kategori object solid yang lain yaitu 3D solid primitif.

 Apa itu 3D solid primitif itu  ?.

3D solid primitif merupakan bentuk 3d solid standar dari autocad yang mana ketika akan membuatnya hanya diperlukan sedikit memberikan parameter-parameter yang berkaitan dengan bentuk obejctnya. Bentuk 3D solid primitif diantaranya : boxes, cones, cylinders, spheres, torus (donuts), wedges, and pyramids. Sebenarnya perintah extrude , subtract dan union merupakan bagian dari bentuk perintah modify di dalam autocad. Karena merupakan bagian modify autocad maka untuk memberikan perintah extrude, subtract, dan union diperlukan trik-trik khusus.

Subtract dan union merupakan perintah modify dari object berbentuk solid ( hasil perintah extrude atau dari 3D solid primitif ) dan bukan dimodify dari bentuk kurva/skecth 2Dimensi.
Subtract dalam autocad merupakan perintah untuk memotong/melubangi obect 3D solid pertama terhadap object 3D kedua, ketiga dan seterusnya tergantung banyaknya object pemotongnya. Syarat dari terjadi pemotongan object 3D adalah bahwa kedua object harus bersentuhan atau bersilangan. Contoh kasus perintah subtract adalah untuk membuat lubang jendela pada dinding, membuat lubang flange, dan sebagainya.

Selanjutnya nanti akan dibahas cara penggunaan perintah union di dalam autocad.


Free Autocad Tutorisal  2D-3D basic & Exellent
 -  Cara menggambar 2dimensi dengan Autocad
 -  Cara-membuat-macam-dan-bentuk-garis di dalam autocad 2000 keatas
 -  Cara move dan copy gambar 2D/3D di autocad


0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape