:

Monday, December 9, 2013

Cara membuat Poligon Dan Moving Object Gambar ( GOOGLE SKETCHUP - PART 5 )

Sebelum mempraktekan cara move object dan mengcopy object di dalam google sketch-up , kita selesaikan  lanjutan bahasan yang lalu yaitu cara membuat poligon ( segibanyak ) .

5.    Poligon     :  Menu ini digunakan untuk membuat objet gambar segitiga, segiempat dan segibanyak sesuai jumlah sisi nya. Menu ini dapat dipakai untuk menggambar kepala baut, membuat meja hexagonal, tiang rumah ,dan lain sebagainya.


Caranya sebagai berikut :
-    Klik  menu poligon , kemudian bawa kursor ketengah layar monitor, perlu diingat mouse jangan di klik dahulu.
-    Lalu  ketik  jumlah sisi poligonnya ( minimal 3 sisi ) kemudian enter
-    Klik dan geser mousenya , masukan nilai radius angkanya sebagai acuan bentuk poligon.
-    Kemudian tekan enter. Selesai.

6.    Freehand :  Menu ini dipakai untuk menggambar bebas , hampir sama dengan perintah Line.


CARA  MOVE GAMBAR  , COPY, ROTATE , DAN SCALE   
( GOOGLE SKETCHUP TUTORIAL-PART 5 )


Setelah menggunakan menu drawing , tentunya kita masih memerlukan menu yang lain untuk merubah suatu gambar 2D atau 3D. Menu yang digunakan adalah menu modification yang berfungsi untuk memindah object, meng-copy object ataupun memutar object dengan menu rotate. Tidak hanya itu dalam menu modification ini masih terdapat pula  menu pull/push yang berguna membuat bentuk 3-dimensi dengan cara menebalkan bidang/face suatu object. Sarat utamanya adalah bahwa face tersebut merupakan bentuk object tertutup. Jika face masih terbuka maka menu push/pull tidak akan berfungsi  atau error.  Sedangkan  menu follow me merupakan perintah 3-dimensi yang dapat di bentuk dengan mengikuti alur/path suatu bentuk kurva. Untuk masing-masing cara penggunaanya dapat di lihat tutorial di bawah ini. Semoga tutorial ini mudah dimengerti dan dipahami.

Cara Move Object di google skecth-up (No.7)

-    (a). Untuk  mengeser atau memindah suatu object gambar ,caranya cukup mudah sekali.
-    (b). Pilihkan object yang akan dipindah/move. Dalam hal ini bisa berupa sekumpulan object atau sekedar obejct tunggal ( 1 buah object). Untuk memindah object biasanya diperlukan acuan suatu titik awal dan akhir.
-    (c). Perhatikan gambar dibawah ini. Disini akan dipraktekkan cara memindah object A dan B ke area suatu object C.

 

-    (d). Pertama kali  block  object A dan B  dengan cara klik menu select yaitu dengan cara  klik dan tahan diposisi X1  lalu geser mouse ke posisi X2 kemudian lepas mouse. Setelah dua object tersebut berwarna biru yang  menandakan bawah object tersebut sudah terpilih.
-    (e). Kemudian klik menu Move
-    (f). Lalu klik posisi mouse di titik acuan awal, kemudian geser mouse  ke posisi titik acuan akhir.
-    Selesai  dan  hasilnya bisa dilihat pada gambar  dibawah ini



0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape