:

Wednesday, December 4, 2013

Free Tutorial 3D Modeling Solidwork 2011 – Basic (Sesion 1)


Solid work merupakan salah satu software 3D (3-dimensi) yang sangat terkenal diantara software 3d lainnya seperti : autocad , 3dsmax , solid edge, rino, maya, alias, modo, Z-brush, catia , inventor dan lain sebagainya.

Solidwork ini sangat cocok sekali untuk mendesign bidang automotif dan industri, tetapi tidak di anjurkan untuk design bidang arsitektur seperti  mendesign interior gedung maupun exterior gedung/rumah. Hal ini dikarenakan solid work lebih efektif untuk design part modeling ( model tunggal/part/bagian) yang kemudian di assembly guna mensimulasikan hasil sebuah design produk. Mungkin gambaran dari contoh hasil design yang menggunakan software solidwork ini adalah seperti dibawah ini. Bagaimana menurut anda ..? keren kan...




Yang lebih menarik dari solidwork ini adalah ketika kita merubah part dalam sebuah assembly maka drawing kerja yang sudah dipersiapkan ke dalam gambar 2D (2-dimensi) akan mengikuti perubahannya secara otomatis mengikuti perubahan ter-update dari part atau assembly nya. Sebelum kita memulai ke sebuah sketsa gambar, maka pertama kali akan diberikan sebuah pilihan diantara 3 pilihan yang ada yaitu : Part , Assemby , dan drawing. Pilihan Part merupakan sebuah template untuk memulai sebuah design 3D modeling yang merupakan tempat dimana untuk membuat objet/part atau  komponen dari sebuah / assembly suatu produk. Part bisa dihasilkan dengan pembentukan featur Nantinya hasil dari pemodelan part ini akan menghasilkan sebuah file yang ber-extensi .SLDPRT . Sedang pilihan assembly merupakan sebuah settingan untuk merangkai bagian part yang sudah di design. Dalam sebuah assembly sudah tentu akan terdiri lebih dari satu part komponen. Extensi file yang dihasilkan adalah .SLDASM.

Ok, secara visualisasi awal dari pembukaan solidwork adalah seperti di bawah ini :


Untuk selanjutnya setelah menentukan salah satu pilihan diatas ( Part, assembly atau drawing ) kemudian klik Ok , lalu  tampilan interface dari solidwork selanjutnya adalah seperti  gambar dibawah ini.





Relation artikel – tutor 3dmodeling :

-    Cara memulai sketsa gambar 2D part modeling solidwork 2011.
-    Cara mengaktifkan sebuah relasi pada sketsa part modeling solidwork
-    Membuat Plane sebagai reference geometri 3d modeling solidwork


Free Autocad Tutorisal  2D-3D basic & Exellent
 -  Cara menggambar 2dimensi dengan Autocad
 -  Cara-membuat-macam-dan-bentuk-garis di dalam autocad 2000 keatas
 -  Cara move dan copy gambar 2D/3D di autocad


0 comments:

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape