:

Sunday, December 15, 2013

Cara memberi material google Sketch-up 7 ke atas

Cara memberi material google Sketch-up 7 ke atas
Google Skecth-up sudah menyediakan menu toolbar untuk memberikan efek material ke suatu obejct 3D yaitu menggunakan menu paint bucket.  Tentunya efek ini sudah cukup memberikan gambaran kepada kita bentuk dan teksturnya bentuk 3dimensi. Hanya saja jika Anda belum meng-install menu renderingnya ( Vray-for sketchup), maka hasil tampilan tekstur materialnya masih begitu standar. Jadi ketika design gambar 3D kita export ke bentuk image (*.Jpeg), maka image yang dihasilkan masih nampak ada garis patahan di setiap sisi garisnya. Berbeda sekali dengan hasil image yang menggunakan render Vray. Setiap sisi garisnya terlihat sangat halus ( tidak patah-patah) , terang dan jernih . Bisa dilihat perpedaannya seperti  gambar dibawah ini.
  
Oke. Sebelum ke tahap pemberian material, silahkan setting menu view seperti dibawah ini, hilangkan contreng nya.


-    Klik menu paint bucket , silahkan  ikuti dan perhatikan urutan settingnya pada gambar di bawah ini, ada baiknya lakukan latihan secara terus menerus agar memahami dan hafal bentuk material yang cocok yang nantinya akan diaplikasikan ke suatu object 3 dimensi.





-    Adakalanya kita memakai  bentuk material dari external ( bukan bawaan material yang disediakan google sketchup). Caranya adalah klik menu browse , kemudian cari lokasi dimana disimpan file image yang akan di gunakan sebagai material.

Mengenal Vray for google skecth-up
Yang  menarik dari Vray adalah bahwa image yang dihasilkan sangat mendekati dengan bentuk real. Untuk bisa menghasilkan render yang real mendekati bentuk nyata tentunya diperlukan keahlian khusus dan ketekunan berlatih secara continue. Karena memang untuk proses setting renderya tidak mudah, namun walaupun kita memakai setingan standar menggunakan option Global illumination, hasilnya sudah cukup memuaskan. Kelebihan lain dari Vray ini adalah waktu untuk proses renderingnya tidak memakan banyak waktu.  Dengan begitu kita tidak lelah menunggu hasil design.
Perlu diketahui juga jika ingin menginstall Vray ini, siapkan dulu perangkat keras komputer/laptop anda. Yang paling vital untuk mendukung selama proses rendering adalah sebuah memory/ram dan VGA cardnya. Diusahakan memiliki batas minimal yang dianjurkan untuk menginstall software Vray.  Untuk prosesornya minimal diatas Pentium 4, dengan Ram 2Gb atau lebih, kemudian VGA cardnya 256MB (minimal). Tentunya jika didukung dengan sarana yang memadai akan mempercepat kinerja kita.  Mungkin bahasan mengenai Vray secara luas dan gamblang akan dilanjutkan pada tutorial berikutnya. Semoga bermanfaat. 





1 comments:

Anonymous said...

terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

Search Popular

Free 3D Model, Free tutorial 3D, belajar autocad basic dan exellent, surface modeling , 3dsmax, solid edge, solid work, jasa render, privat/kursus autocad tangerang, kontraktor rumah dan kolam renang, 3d lanscape